Ingin Berhasil Dapat Sponsor Untuk Eventmu? Ini Dia Triknya..
Dalam
menjalankan sebuah event, tentu peran sponsor sangat penting. Apa sih
yang dimaksud dengan sponsor? Sponsorship adalah kegiatan pemberian
dukungan keuangan atau bentuk dukungan lainnya kepada pihak penerima.
Untuk bisa mendapatkan sponsor yang sesuai harapan memang bukan perkara mudah. Tapi itu bukan berarti enggak mungkin, jika kamu dan timmu memiliki trik-trik jitu dalam menggaet sponsor yang diincar.
- Break Down Calon Sponsor
Yang pertama dan paling penting kamu lakukan adalah buat daftar calon sponsor. Setelah membuat daftar calon sponsor, kamu juga harus memahami dan mencari tahu mengenai perusahaan atau organisasi tersebut. Untuk mendapatkan sponsor yang potensial, kamu juga melihat apakah target sponsor memiliki tujuan dan kepentingan yang sama.
- Buat Konsep Event Dengan Matang
Buatlah konsep acara yang unik, mampu menarik perhatian calon audience, diperkirakan bisa mendatangkan banyak orang, bahkan yang mampu menjadi media darling. Dengan membuat konsep acara yang dapat dikemas dengan menarik maka sedikit banyak juga akan mampu menarik sponsor untuk mau terlibat mendukung acara yang akan diselenggarakan.
Misalnya, mengundang bintang tamu atau narasumber terkenal, pemilihan tempat acara yang pantas dan event yang mengandung pesan moral atau kesadaran masyarakat terhadap sesuatu hal.
- Gencar Dalam Pendekatan
Jangan berharap bahwa sponsor akan menghubungimu jika kamu enggak punya inisiatif untuk memulai. Setiap perusahaan ternama tentunya tidak hanya mengurusi proposal dan penawaran dari eventmu saja. Begitu banyaknya proposal yang masuk, terkadang mereka bisa lupa menghubungi. Bahkan ada saja yang masih belum menerima proposal yang kita masukkan. Inilah gunanya menanyakan kontak yang terkait supaya bisa dengan mudah follow up!
- Siapkan Materi Presentasi Yang Apik!
Setelah kamu berhasil mendapatkan janji temu dengan calon sponsor, siapkan materi presentasi yang apik. Kamu harus memaksimalkan seluruh kreatifitas dari tim dalam mempersiapkan hal ini. Proposal event yang baik biasanya sederhana, singkat, padat, jelas, dan tidak terlalu banyak halaman. Gunakan kalimat yang tidak bertele-tele namun mampu menjelaskan detil acara dan kontraprestasi apa yang akan mereka dapatkan jika perusahaan memberikan dana.
for more update/info :
www.veponid.com
Untuk bisa mendapatkan sponsor yang sesuai harapan memang bukan perkara mudah. Tapi itu bukan berarti enggak mungkin, jika kamu dan timmu memiliki trik-trik jitu dalam menggaet sponsor yang diincar.
- Break Down Calon Sponsor
Yang pertama dan paling penting kamu lakukan adalah buat daftar calon sponsor. Setelah membuat daftar calon sponsor, kamu juga harus memahami dan mencari tahu mengenai perusahaan atau organisasi tersebut. Untuk mendapatkan sponsor yang potensial, kamu juga melihat apakah target sponsor memiliki tujuan dan kepentingan yang sama.
- Buat Konsep Event Dengan Matang
Buatlah konsep acara yang unik, mampu menarik perhatian calon audience, diperkirakan bisa mendatangkan banyak orang, bahkan yang mampu menjadi media darling. Dengan membuat konsep acara yang dapat dikemas dengan menarik maka sedikit banyak juga akan mampu menarik sponsor untuk mau terlibat mendukung acara yang akan diselenggarakan.
Misalnya, mengundang bintang tamu atau narasumber terkenal, pemilihan tempat acara yang pantas dan event yang mengandung pesan moral atau kesadaran masyarakat terhadap sesuatu hal.
- Gencar Dalam Pendekatan
Jangan berharap bahwa sponsor akan menghubungimu jika kamu enggak punya inisiatif untuk memulai. Setiap perusahaan ternama tentunya tidak hanya mengurusi proposal dan penawaran dari eventmu saja. Begitu banyaknya proposal yang masuk, terkadang mereka bisa lupa menghubungi. Bahkan ada saja yang masih belum menerima proposal yang kita masukkan. Inilah gunanya menanyakan kontak yang terkait supaya bisa dengan mudah follow up!
- Siapkan Materi Presentasi Yang Apik!
Setelah kamu berhasil mendapatkan janji temu dengan calon sponsor, siapkan materi presentasi yang apik. Kamu harus memaksimalkan seluruh kreatifitas dari tim dalam mempersiapkan hal ini. Proposal event yang baik biasanya sederhana, singkat, padat, jelas, dan tidak terlalu banyak halaman. Gunakan kalimat yang tidak bertele-tele namun mampu menjelaskan detil acara dan kontraprestasi apa yang akan mereka dapatkan jika perusahaan memberikan dana.
for more update/info :
www.veponid.com
Komentar
Posting Komentar